Wednesday, June 14, 2017

5 Tips Mudah Berbisnis Karikatur


Istilah karikatur sudah dikenal sejak dulu. Karikatur merupakan gambar suatu objek nyata yang dibuat dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Sama halnya dengan hobi melukis ataupun menggambar sketsa, ternyata hobi menggambar karikatur dapat juga dijadikan sebagai hobi yang dapat dijadikan bisnis.

ika Anda memiliki niat untuk mengembangkan hobi menjadi peluang usaha, Anda harus mengetahui lima tips mudah berbisnis karikatur. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Gambar Dibuat Semirip Mungkin dengan Objek Aslinya

Telah diketahui sebelumnya jika karikatur adalah gambaran dari objek nyata. Karikatur dianggap berhasil jika gambar yang dibuat memiliki kemiripan dengan objek aslinya. Pembuat karikatur harus memiliki ketelitian yang tinggi agar hasilnya maksimal.
Semua detail wajah ataupun ciri khas tertentu yang dimiliki oleh orang yang dibuat karikaturnya harus benar-benar tergambarkan.

2. Miliki Unique Value

Unique value dapat diartikan sebagai keunggulan dari hasil karikatur yang Anda buat. Di dunia ini banyak sekali pembuat karikatur dengan hasil karyanya yang bagus.
 Jika Anda ingin berhasil, salah satu dari lima tips mudah berbisnis karikatur ini mutlak harus Anda miliki. Unique value ini nantinya menjadi pembeda antara hasil karikatur Anda dengan hasil karikatur yang dibuat orang lain.
Sehingga ketika orang lain ingin memesan karikatur, karikatur buatan Anda bisa dijadikan salah satu pilihan karena memiliki keunggulan.

3. Selesaikan Sesuai Permintaaan Pemesan

Waktu pengerjaan karikatur tergantung dari tingkat kesulitan objek yang akan digambar. Namun, terkadang ada pemesan yang menginginkan karikaturnya selesai dalam jangka waktu tertentu. 
Jika hal tersebut terjadi pada Anda, Anda tidak dapat sesuka hati langsung menerima pesanan yang diminta. Jika memang memungkinkan diselesaikan sesuai waktu yang diinginkan,
Anda dapat menerimanya. Tetapi jika tidak, lebih baik berkata yang sebenarnya pada pemesan. Dari pada Anda berbohong dengan menyanggupinya, akan ada dua hal buruk yang mungkin terjadi.
 Kemungkinan pertama Anda tidak dapat menyelesaikan karikaturnya, dan kemungkinan kedua karikaturnya selesai tepat waktu tetapi karena terburu-buru, hasilnya tidak maksimal.

4. Tawarkan Karikatur dengan Harga yang Terjangkau

Selain hasil karya, hal penting yang diperhatikan pemesan adalah harga dari karikatur yang Anda buat. Tawarkanlah harga yang terjangkau, tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah. Sesuaikan harga sesuai dengan tingkat kesulitan dan konsistenlah dalam memberikan harga.

5. Gunakan Software yang Tepat

Di dunia digital seperti sekarang ini, karikatur tidak hanya dapat dibuat menggunakan tangan atau manual dengan menggambar. Banyak aplikasi atau software yang telah mendukung pembuatan karikatur. 
Jika Anda ingin memanfaatkan software, pelajari dan pahami dulu kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda tidak akan salah dalam menerapkan salah satu dari lima tips mudah berbisnis karikatur.
Itulah lima tips mudah berbisnis karikatur yang harus Anda ketahui jika ingin menekuni bisnis di bidang karikatur. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment